Minggu, 23 Juli 2017

Apa Itu Donasi Dan Donatur?

Apa Yang Di Maksud Dengan Donasi & Donatur?

 Halo Blogger..

Mungkin di antara kamu sudah paham dengan yang di namakan donasi dan donatur kan? mungkin ada yang beranggapan bahwa donasi itu patungan atau sumbangan dan donatur itu adalah orang yang memberikan donasi dalam suatu kegiatan yang bertujuan membantu suatu pihak tertentu. Tapi apa sih sebenarnya donasi dan donatur itu? Yuk kita bahas tentang donasi dan donatur.

 A. Pengeritan Donasi

 


Donasi menurut https://id.wikipedia.org adalah Sumbangan atau derma (Inggris: donation yang berasal dari Latin: donum) sebuah pemberian pada umumnya bersifat secara fisik oleh perorangan atau badan hukum, pemberian ini mempunyai sifat sukarela dengan tanpa adanya imbalan bersifat keuntungan, walaupun pemberian donasi dapat berupa makanan, barang, pakaian, mainan ataupun kendaraan akan tetapi tidak selalu demikian, pada peristiwa darurat bencana atau dalam keadaan tertentu lain misalnya donasi dapat berupa bantuan kemanusiaan atau bantuan dalam bentuk pembangunan, dalam hal perawatan medis donasi dapat pemberian transfusi darah atau dalam hal transplantasi dapat pula berupa pemberian penggantian organ, pemberian donasi dapat dilakukan tidak hanya dalam bentuk pemberian jasa atau barang semata akan tetapi sebagaimana dapat dilakukan pula dalam bentuk pendanaan kehendak bebas.

Dalam pengertian hukum secara umum dapat diartikan sebagai sebuah pemberian bebas akan tetapi donasi terdapat kesepakatan dalam membuat donasi. Oleh sebab itu, donasi sebenarnya tidak mendapatkan status hukum sebagaimana pemindahan hak dalam wilayah hukum perdata. Dalam hal politik, donasi dilakukan pada saat kampanye dan beberapa negara memberikan pengaturan dengan adanya beberapa pembatasan dalam kegiatan tersebut.

B. Pengertian Donatur

Donatur adalah orang yang mendonasikan hartanya atau menyumbangkan hartanya kepada yang membutuhkan, baik yang terkena musibah bencana alam, atau penyakit yang membutuhkan biaya obat yang mahal, ataupun membantu seseorang yang memiliki gagasan atau ide menarik untuk membuat karya namun terbentur oleh kurangnya dana dan seseorang tersebut membutuhkan donasi, yang jelas kepada siapapun yang membutuhkan/kurang mampu.


Para donatur bertindak berdasarkan kebiasaan yang baik untuk kepentingan umum. Ini merupakan tradisi dalam memberi dan berbagi yang utama pada kualitas hidup. Untuk memastikan dan menghormati dan kepercayaan dari masyarakat umum, donor atau calon donor agar dapat memiliki keyakinan penuh pada organisasi nirlaba dan menyebabkan adanya dukungan, bersama ini kami menyatakan bahwa semua donor memiliki hak-hak sebagai berikut :

  1. Untuk diberitahu tentang misi organisasi, kinerja organisasi yang telah atau akan memberikan donasi di dalam organisasi mempergunakan sumber daya serta kapasitasnya secara efektif yang ditujukan untuk kepentingan mereka.
  2. Untuk diberitahu tentang identitas orang-orang yang melakukan pelaksanaan kebijakan di organisasi, dan dewan pengurus diharapkan harus melaksanakan pengawasan kebijakan yang berada dalam tanggung jawab pekerjaannya.
  3. Untuk memiliki akses laporan keuangan terkini.
  4. Harus mendapatkan keyakinan bahwa pemberian mereka akan digunakan untuk tujuan yang mereka diberikan.
  5. Agar menerima apresiasi dan rekonisi.
  6. Adanya pemastian bahwa informasi tentang sumbangan mereka adalah dengan menghormati serta kerahasiaannya sebagaimana disebutkan oleh undang-undang.
  7. Diharapkan bahwa semua hubungan dengan individu yang mewakili organisasi dilakukan secara profesional dalam bidangnya.
  8. Untuk mendapatkan informasi mengenai pencari sumbangan adalah sukarelawan, pegawai organisasi atau solicitors yang disewa.
  9. Mendapatkan kesempatan agar nama mereka dapat dihapus dari milis suatu organisasi di mana yang bersangkutan berkeinginan untuk berdonasi.
  10. Ketika memberikan donasi mendapat kebebasan dalam mengajukan pertanyaan serta menerima jawaban yang merupakan janji yang benar dan jujur.
 Demikian pembahasan mengenai Apa Itu Donasi dan Donatur, semoga artikelnya bermanfaat ya..


15 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Benar ini ya Ammisha1213@gmail.com. Saya tertarik untuk cari pinjaman

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr.wb
    Mencari donatur sumbangan
    Untuk keluargaku terutama ibuku di sisa hari tua y sampai saat ini masih belum mempunyai rumah. Ataupun lahan untuk membangun sekira y ada dermawan yg membantu keluarga saya, saya sangat-sangat berterima kasih
    Keluarga adik2 saya masih numpang di rumah kerabat kluarga skirah y ada yg mau membantu uluran tangan saudaraku
    Silahkan

    Bank 🏦 BCA
    Nomor rekening :7111412018
    Atas nama :Dede
    Ini nomor watsap saya:083895741464

    BalasHapus
  4. Hi #InsanPeduli
    Nama saya Tjia Bartolonius Leonardo. Saya dan istri dikaruniai seorang putera tampan yang kami beri nama Christian Angelo Leonardo. Christian dilahirkan di suatu bidan dan semua persalinan berjalan secara normal. Namun pada suatu malam, suara nafas anak kami sangat berbeda seperti orang yang sulit bernapas. Setelah kami lihat, wajah anak kami sudah membiru dan hampir meninggal.

    Kami membawa Christian ke beberapa rumah sakit, sampai pada akhirnya dokter memvonis anak kami harus menderita penyakit flek paru-paru. Hal itu disebabkan oleh penyedotan di bidan ketika persalinan kurang bersih yang akhirnya membuat anak kami kesulitan bernapas. Saat ini anak kami harus menjalani serangkaian pengobatan supaya flek-flek didalam paru-paru nya dapat menghilang dan Christian bisa tumbuh seperti anak-anak lainnya.

    Bantu anak kami Christian untuk dapat menjalani pengobatan dengan bergabung bersama para #InsanPeduli lainnya untuk membantu memenuhi biaya perawatan Christian dan pengobatan lainnya dengan cara berdonasi atau para #InsanPeduli juga dapat membantu dengan menyebarkan galang dana ini pada halaman akun media social (FB/Twitter/Whatsapp) orang-orang terdekat. Dengan segenap hati keluarga kecil kami mengucapkan terima kasih atas doa, dukungan dan bantuannya. Semoga para #InsanPeduli sehat selalu.

    URGENT...πŸ™πŸ™πŸ™
    URGENT... 😒😒😒
    URGENT... 😭😭😭
    Mohon bantuan dan Uluran Tangan para donatur, teman" dimanapun berada untuk ikut bantu
    #share
    #Dana &
    #Doanya
    Saya Tjia Bartolonius Leonardo papa nya Christian Angelo Leonardo memohon bantuan/sumbangan nya kepada teman-teman dan para Donatur/Sukarelawan untuk biaya perawatan Rumah Sakit Anak Saya yang cukup besar bisa dikirim melalui : NO REK BANK BCA : 5910044330 A/N TJIA BARTOLONIUS LEONARDO atau NO REK BANK MANDIRI : 167-00-0305447-4 A/N TJIA BARTOLONIUS LEONARDO no telp : 089655225388/ 082114961800 atas perhatian dan bantuan dari teman-teman dan para Donatur/Sukarelawan untuk bantuan/sumbangan nya baik banyak maupun sedikit saya sangat banyak mengucapkan terima kasih dan semoga Tuhan yang maha Esa membalas semuaNya Amin....!

    BalasHapus
  5. Dibalik cerianya Nor, ternyata tubuhnya harus berjuang melawan penyakit kanker.. Mari bantu donasi dengan klik https://sharinghappiness.org/BalitaLeukimia

    BalasHapus

  6. Berbagi Kebahagiaan oleh Rumah Zakat
    Ali Bana
    Rumah

    Donasi

    Zakat

    Infak

    Wakaf

    Galang Dana
    Dasbor
    Kampanye Saya
    Donasi SAYA
    Wishlist
    Notifikasi
    Pesan Masuk
    Pengaturan

    Keluar
    Tentang Kami
    Cari campaign yang ingin dibantu
    Bantu Balita Sembuh dari Leukimia - 4429
    Bantu Balita Sembuh dari Leukimia
    Rp 1.477.148
    Dari terkumpul menargetkan Rp 200.000.000
    1% terkumpul
    76 hari lagi

    Rumah Zakat Banjarmasin
    5
    Bantu sebarkan via:
    Detail

    Info Terbaru

    Donatur 12

    Penggalangan Dana 3

    Pesan
    Si kecil selalu riang sambil mengidap darah tengah.

    Muhammad Nor Maulidan adalah seorang balita mendukung 1,5 tahun. Nor adalah anak ke-5 dari 5 bersaudara yang tinggal bersama saudara di Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

    Keluarga tidak termasuk keluarga yang tak mampu. Sang ayah hanya seorang karyawan tidak boleh dan penjual nasi keliling.



    Sekarang, ujian pun tengah ujian Nor.
    Usianya masih sangat kecil, tetapi penyakit leukimia kini menghinggap ditubuh mungilnya. Juga tidak perlu melanjutkan agar sel kanker tidak dapat menyebar.

    Belum apa daya, juga belum bisa mendapatkan pengobatan yang maksimal. Apalagi sekarang sang ayah tak bisa bekerja karena harus pula Nor.

    Yuk #SahabatBerbagi bantu Nor pulih dari Leukimia dengan cara:

    Klik “DONASI SEKARANG”
    Isi nominal donasi terbaik Sahabat
    Pilih metode pembayaran
    Transfer sesuai nominal yang tertera
    Bagikan kisah ini kepada orang-orang terdekat
    Penafian: SharingHappiness.org tidak mewakili dan tidak bertanggung jawab atas segala bentuk informasi pada halaman kampanye ini, karena informasi di atas adalah pendukung kampanye (penggalang dana).
    Mau galang dana online seperti ini? Gratis!
    ×
    Kamu akan berdonasi untuk kampanye
    Bantu Balita Sembuh dari Leukimia
    Bantu Balita Sembuh dari Leukimia
    Nominal
    Rp 0
    Nama Lengkap
    Ali Bana
    Tampilkan nama sebagai Anonim
    Dukungan atau do'a
    Contoh: Semoga cepat sembuh!
    Pesan telah dikirim ke penggalangan danaUps! Pesan tidak dapat dikirim ke penggalangan dana

    Logo SH © 2015-2019, Berbagi Bahagia Semua Dicadangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si kecil selalu riang sambil mengidap darah tengah.

      Muhammad Nor Maulidan adalah seorang balita mendukung 1,5 tahun. Nor adalah anak ke-5 dari 5 bersaudara yang tinggal bersama saudara di Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

      Keluarga tidak termasuk keluarga yang tak mampu. Sang ayah hanya seorang karyawan tidak boleh dan penjual nasi keliling.



      Sekarang, ujian pun tengah ujian Nor.
      Usianya masih sangat kecil, tetapi penyakit leukimia kini menghinggap ditubuh mungilnya. Juga tidak perlu melanjutkan agar sel kanker tidak dapat menyebar.

      Belum apa daya, juga belum bisa mendapatkan pengobatan yang maksimal. Apalagi sekarang sang ayah tak bisa bekerja karena harus pula Nor.

      Hapus
    2. Anak saya naufal amzar alfairuz mulai bayi sudah di fonis kritis. Jantung bocor asd 1 bln baru tahu. Keluar masuk rmh sakit kab nganjuk dan jombang. Sekarang sudah satu tahun setengah. Di fonis kangker darah dan anemia di rmh sakit dokter sutomo surabaya. Naufal yg masih kecil sudah melawan banyak penyakit sampai sekarang dan saya bisa berdoa untuk kesembuhan naufalπŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  7. 085232915552 kejelasan a.n naufal

    BalasHapus
  8. assalamualaikum wr.wb. kami mohon bantuan dana operasi jantung kakak kami. yg lagi dirawat dirmh sakit jogyakata.kami mohon bantuan dana serela bagi donatur yg bermurah hati mau menolong kakak kami. Nama: iven satrio. No Rek Bank BRI ( 223501007964501 ) A/N : iven satrio. kami ucapkan trmksh banyak kepada para donatur waasalam. salam kami anak seorang petani

    BalasHapus
  9. Peace be upon you, and Allah mercy and blessings. we ask for help with our sister's heart surgery fund. who are being treated for sick jogyakata. We ask for voluntary funding for generous donors who want to help our sister. Name: iven satrio. BRI Bank Account Number (223501007964501) A / N: iven satrio. we say many thanks to the donors waasalam. our greetings the son of a farmer

    BalasHapus
  10. Perkenalkan saya Dendy dari Jakarta. Saya adalah pemilik aplikasi POD, yaitu Program Online Donasi dimana konsep ini adalah sebuah Program Berbagi Rupiah untuk masyarakat Indonesia.
    Program ini dapat digunakan secara Gratis untuk siapapun yang ingin mempunyai tambahan penghasilan dengan mudah, simple, tanpa harus berjualan barang apapun.
    Untuk lebih jelasnya bisa kontak WA saya di 0812 1409 2222 atau bisa langsung lihat channel youtube https://youtu.be/ZSRaVn9RsKU

    Salam dan sukses untuk semua

    BalasHapus
  11. Saya mengontak rumah sudah sekinan tahun saya gak mampulagi mengontrak rumah anak saya2dan bersama istri apa ada yg mau menyumbang saya mau bikin rumah sendiri. Kiranya ada yg ringan tangan membantu kami sekeluarga saya tiggal di jambi. a/n swandi ritonga rekening BRI 229201001917536

    BalasHapus