Minggu, 30 Juli 2017

Macam-Macam Jenis Donasi

Beberapa Macam Jenis Donasi


Halo Sahabat bloggers, apa kabarnya ya? Semoga semuanya dalam keadaan baik dan sehat-sehat ya. Nah kali ini blog Program Donasi akan membahas Beberapa Macam Jenis Donasi. Sebagaimana pembahasan sebelumnya mengenai Apa Itu Donasi dan Donatur, mungkin kamu tidak menyadari bahwa ada beberapa jenis donasi yang ada di dunia maupun di Indonesia. Untuk di Indonesia sendiri banyak sekali donasi yang bertujuan membantu orang-orang yang kurang beruntung. Untuk itu berikut adalah Beberapa Macam Jenis Donasi.

  • Donasi Yang Bersifat Sosial


Donasi yang bersifat sosial ini sangat umum di jumpai, bukan hanya di Indonesia namun di negara lain-pun donasi yang bersifat sosial banyak sekali menyita perhatian. Contoh dari jenis donasi ini biasanya dang penggalang dana akan mengajak donatur-donatur untuk mendonasikan uangnya kepada orang yang membutuhkan, seperti lansia yang tidak memiliki rumah atau tempat tinggal, orang kurang beruntung yang mengidap penyakit dan harus mendapatkan pengobatan yang mahal, maupun donasi yang bertujuan untuk membangun sekolah atau tempat ibadah di daerah tertentu. Namun di luar itu juga ada yang bersifat sosial seperti membangun infrastruktur yang tidak terjangkau oleh pemerintah seperti pembangunan jembatan.

  • Donasi Untuk Korban Perang


Jenis Donasi yang kedua adalah Donasi atau penggalangan dana untuk korban perang. Biasanya donasi jenis ini dilakukan oleh organisasi kemanusiaan yang perduli dengan warga sipil yang menjadi korban perang di negaranya. Donasi jenis ini biasanya dilakukan untuk memenuhi keperluan pangan. Contoh yang paling baru adalah penggalangan dana yang di lakukan oleh organisasi kemanusiaan untuk membantu warga Palestina yang memerlukan bantuan seperti makanan, obat-obatan dan pakaian.

  • Donasi Untuk Korban Bencana Alam
 
Berikutnya adalah Jenis Donasi yang diperuntukan kepada korban bencana alam. Donasi ini biasanya dilakukan saat terjadi bencana alam besar seperti Tsunami, kebakaran hutan yang menyebabkan asap tebal dan masuk ke pemukiman warga, banjir, gempa bumi dan bencana alam yang memakan korban jiwa atau menimbulkan kerusakan. Uang donasi jenis ini biasanya dikumpulkan lalu dikonversi menjadi kebutuhan pangan, pakaian dan obat-obatan.

  • Donasi Untuk Sebuah Karya
 
Nah yang terakhir adalah donasi yang jenisnya beda dengan yang diatas sudah di sebutkan, donasi sebuah karya ini biasanya dilakukan oleh perorangan atau komunitas yang memiliki karya namun terbatas dalam hal dana. Oleh karena itu sang inovator atau orang yang memiliki karya tersebut menggagas sebuah kampanye donasi untuk menarik donatur-donatur yang tertarik kepada karyanya agar mau ikut andil dalam membangun karya sang inovator tersebut.

Sekarang kamu sudah tau kan donasi itu ada beberapa macam dan jenisnya, jadi kalau kamu ingin berdonasi kamu sudah tau jenis apa yang ingin kamu donasikan, karena beberapa orang berbeda, ada yang memiliki kepuasan tersendiri kalau sudah membantu korban bencana alam ataupun membantu temannya yang memiliki karya tapi terbentur dana. Demikian pembahasan kita mengenai Macam-Macam Jenis Donasi. Semoga pembahasan tadi bisa bermanfaat buat kamu ya. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya..



Program Donasi

0 komentar:

Posting Komentar